Live Performance

Live Performance

Banyak yang beranggapan bahwa live performance dari Fimaul ini begitu emosional. Beberapa rapper terkenal telah melihat Fimaul dibeberapa kesempatan. Diantaranya; Iwa K, Tuan Tiga Belas, Raben, Ben Utomo, dan lainnya. Semua beranggapan bahwa Fimaul sangat ‘dark‘ dan emosional dalam setiap penampilannya. Meskipun akhirnya, dengan lagu-lagu seperti ini, Fimaul jadi sedikit terbatas untuk perform di acara-acara yang memiliki crowd yang menginginkan joget dan party.

Di beberapa penampilannya, Fimaul berhasil membuat para penonton menangis, atau minimal berlinang air mata. Entah karena merasa relate dengan lagunya, atau bahkan hanya sekedar merasakan sakit yang dirasakan Fimaul dengan gaya pemanggungannya yang emosional.

Menurutnya, di setiap pemanggungannya, Fimaul selalu berusaha menghadirkan sosok Almarhum di panggung, untuk menemani dan menjadi bulan-bulanan kemarahan Fimaul. Meskipun tidak selalu hadir, namun Fimaul mengaku beberapa kali Bapaknya hadir disana.

Metode ingatan emosi.

Fimaul mengaku, bahwa dirinya selalu memanggil emosi-emosi yang ia simpan di masa lampau, ke dalam setiap pemanggungannya. Seperti yang ia katakan saat dirinya di interview Yas Budaya dan Keefakia di Ardan Indie7:

Kejadian perih di masa lalu itu jangan dibuang, jangan dihapus, simpan! Karena sewaktu-waktu kamu bakal membutuhkan itu.

Fimaul on Ardan Indie7

Jadi, kejadian-kejadian dari masa lalu saya, misal; Bapak sama Ibu saya cerai atau yang Bapak meninggal, saya simpan, saya gak hapus, saya gak lupain kenangan itu. Tapi, saya bisa sewaktu-waktu mengeluarkan itu kalo di atas panggung.

Fimaul on Ardan Indie7

Metode tersebut adalah ilmu yang Fimaul dapat saat dirinya mengemban pendidikan di salah satu kampus seni di Bandung, sebagai jurusan Teater yang mengharuskan para mahasiswanya untuk sewaktu-waktu bisa menangis di panggung, bisa emosi di panggung, bisa senang dan lain sebagainya.

Sehingga sebuah ingatan emosi bisa dipanggil kembali dan digunakan sebagaimana mestinya sesuai porsi dan kebutuhannya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Theme Mode